Bagaimana Cara Rental Mobil hindari resiko mobil dicuri saat di sewa pelanggan?

June 17, 2022

Cara Rental Mobil hindari resiko mobil
Bagi Anda yang memiliki usaha rental mobil, Anda mungkin sering mengalami perasaan was-was ketika menyewakan mobil Anda. Angka pencurian mobil rental di Indonesia sendiri cukup tinggi, Bagaimana Cara Rental Mobil hindari resiko mobil dicuri saat di sewa pelanggan? Banyak oknum tak bertanggung jawab yang pura-pura ingin menyewa mobil untuk suatu keperluan. Padahal, ada niat kurang baik yang menyertainya.

Hal ini kerap terjadi pada sistem sewa mobil lepas kunci. Anda tentunya tak ingin hal tersebut terjadi, bukan? 1 unit mobil saja harganya mencapai ratusan juta rupiah. Jika mobil tersebut sampai hilang atau dibawa lari orang, Anda sebagai pemilik usaha rental tentunya akan rugi besar, bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini 5 Tips Menghindari Resiko Rental Mobil yang bisa Anda jadikan referensi :

Menggunakan GPS Tracker

Cara Rental Mobil hindari resiko mobil dicuri saat di sewa menggunakan GPS Tracker beli di Tokopedia mulai dari 200 ribu

Beberapa mobil seperti Toyota Innova dan juga Fortuner memiliki fitur GPS yang tersemat didalamnya, jadi Anda tak perlu memasang GPS tracker tambahan. Namun, jenis mobil lainnya seperti Toyota Calya belum memiliki fitur navigasi ini. Jadi, Anda bisa menggunakan GPS Tracker.

Harga GPS Tracker ini cukup murah, sebagai referensi di Tokopedia harga alat ini hanya berkisar Rp 200.000-an saja. Agar tidak mudah ditemukan atau dibuang oleh oknum penyewa tak bertanggung jawab, Anda bisa meletakkan GPS Tracker ini di lokasi yang tidak mudah terlihat. Contohnya di bagian bumper depan dan belakang, bagasi, sandaran tangan, atau dibawah sub-kursi.

Dengan menggunakan GPS tracker ini, Anda bisa memantau lokasi dan posisi mobil yang tengah disewakan. Jadi, ketika ada hal yang tidak diinginkan (seperti dibawa kabur, misalnya) Anda bisa melacak keberadaan mobil tersebut.

Sebelum Anda membeli GPS Tracker sebaiknya Anda bisa menonton Review GPS Tracker yang Anda beli di Youtube agar sesuai keinginan Anda dan tidak kecewa saat membeli GPS Tracker yang Anda pilih.

Pakai Asuransi Mobil

Cara Rental Mobil hindari resiko mobil dicuri saat di sewa menggunakan Asuransi Mobil agar menghindari resiko lecet mobil

Tips Menghindari Resiko Rental MobilĀ  kedua adalah dengan menggunakan layanan asuransi mobil. Ketika menggunakan layanan asuransi mobil ini, Anda memang harus mengeluarkan biaya operasional tambahan untuk membayar premi asuransi.

Jika Anda memiliki banyak mobil rental, dimana semua mobil tersebut diasuransikan. Maka, Anda mungkin akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Hal inilah yang kerap kali menjadi pertimbangan banyak pemilik usaha rental.

Beberapa hal ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan mengapa Anda sebenarnya membutuhkan asuransi mobil ini :

  • Sebagai pemilik tempat sewa, ketika mobil telah keluar dari tempat sewa. Maka, banyak sekali resiko yang mungkin Anda hadapi. Ketika di luar, Anda tidak bisa mengontrol penyewa ketika tengah menggunakan mobil tersebut. Mobil hilang dicuri, baret, dan rusak adalah beberapa hal yang kerap sekali terjadi.
  • Ada resiko lain yang mengintai di luar kecerobohan pengendara dan juga penyewa mobil.
  • Premi asuransi mobil lebih rendah apabila dibandingkan dengan resiko yang akan Anda tanggung. Menggunakan asuransi mobil akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir resiko mobil rental hilang atau rusak. Anda pun bisa mengajukan klaim asuransi apabila hal-hal diatas sampai terjadi.

Tips tambahan ketika Anda ingin menggunakan jasa asuransi mobil rental : pilih perusahaan asuransi terbaik, pilih produk asuransi untuk jenis mobil rental/komersial, dan pilih tipe pertanggungan yang sesuai.

Minta Syarat Administrasi

Untuk meminimalisir resiko mobil hilang, biasanya di sistem sewa lepas kunci para pengelola tempat rental mobil akan meminta beberapa dokumen sebagai syarat administrasi. Dokumen ini memiliki peranan yang penting untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan adalah :

  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • KTP Penyewa
  • Bukti pembayaran listrik, PDAM, atau internet penyewa

Beberapa tempat rental biasanya juga akan meminta penyewa untuk memperlihatkan SIM A, Kartu Keluarga, ID Card tempat bekerja, dan juga Fotokopi rekening PBB.

Hal ini sangat penting untuk meminimalisir tindak pencurian mobil rental. Pastikan pula data-data yang diberikan sesuai dengan identitas si penyewa. Cocokkan dengan profil dan foto di KTP-nya. Orang yang memberikan data/dokumen persyaratan juga harus si penyewa langsung karena ia merupakan penanggung jawab nantinya.

Jangan sampai ada oknum yang ternyata menggunakan identitas orang lain untuk melancarkan aksinya. Hal ini bisa terjadi lantaran pengelola tempat sewa tidak memeriksa dokumen dan syarat yang diberikan.

Penyewa yang benar-benar membutuhkan mobil tersebut untuk suatu keperluan dan tidak memiliki niat lain pastinya tidak akan ragu memberikan dokumen yang diperlukan.

Selain sebagai penyaring awal, dokumen tersebut juga membuat Anda bisa mencari oknum yang melarikan mobil Anda melalui data-data yang tertera dalam dokumen tersebut.

Minta Jaminan

Tips Menghindari Resiko Rental Mobil keempat adalah dengan meminta jaminan balik atas transaksi sewa tersebut. Contoh jaminan tersebut adalah BPKB Motor yang dimiliki oleh si penyewa. Dengan adanya jaminan tersebut, resiko mobil tersebut dibawa lari atau hilang akan lebih kecil.

Bagaimanapun juga, si penyewa telah menjaminkan salah satu asetnya (dalam hal ini, BPKB Motor). Jadi, kalau ia ingin BPKB-nya kembali maka ia harus mengembalikan mobil yang disewanya dalam kondisi yang baik.

Karena BPKB adalah salah satu aset berharga, maka Anda sebagai pengelola tempat rental yang diberi kepercayaan untuk menjaganya sementara juga harus menyimpannya dengan baik. Jangan sampai BPKB milik penyewa tersebut rusak atau bahkan hilang.

Bergabung Komunitas Rental Mobil di Kota Anda

Tips Rental Mobil Hindari Resiko Mobil bergabung komunitas Rental Mobil di Facebook

Tips Menghindari Resiko Rental Mobil terakhir adalah bergabung di komunitas rental mobil di kota Anda. Contoh, komunitas pengelola usaha rental Surabaya dan lain sebagainya. Komunitas tersebut akan memperluas koneksi dan kenalan Anda, terutama kepada para pengelola atau pemilik usaha rental lainnya dalam 1 kota.

Anda bisa mendapatkan banyak informasi berguna yang di-share oleh anggota komunitas lain. Contoh : daftar oknum yang diblacklist karena membawa kabur mobil rental, merusaknya, atau tidak bertanggung jawab. Informasi ini sangat penting karena dapat membantu Anda untuk lebih berhati-hati dengan orang tersebut.

Dengan bergabung dengan suatu komunitas, Anda dan rekan 1 komunitas Anda bisa saling bantu-membantu. Terlebih ketika ada kasus mobil rental yang hilang. Para anggota komunitas, bisa saling memberikan informasi ketika mereka tahu atau melihat mobil yang hilang tersebut di suatu tempat.

Selain itu, ketika bergabung dengan komunitas tersebut Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi dan tips untuk menjalankan usaha mobil rental. Informasi tersebut tentunya akan sangat berguna, terlebih ketika Anda masih pemula alias baru menjalankan bisnis rental ini.

Artikel cocok untuk Anda Cara Usaha Rental Mobil Mewah dan Anda bisa belajar Marketing Rental Mobil dengan Media Sosial dan Website

Itulah beberapa tips menghindari resiko mobil rental dicuri ketika tengah disewa pelanggan. Mulai dari menggunakan GPS tracker, menggunakan asuransi mobil, meminta sejumlah dokumen persyaratan dan jaminan tertentu, serta bergabung dengan komunitas pengelola rental mobil di kota Anda.

Sebagai tips tambahan, Anda juga bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk jenis-jenis mobil tertentu yang akan disewa untuk keperluan luar daerah dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Anda juga bisa menyediakan paket sewa mobil plus driver sehingga potensi mobil dicuri oleh oknum yang tak bertanggung jawab lebih diminimalisir. Hal ini disebabkan lantaran kebanyakan kasus mobil dicuri menggunakan sistem sewa mobil lepas kunci.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Adi

Suka hal baru dunia Digital Marketing, Web design dan Teknologi.
garis panjang

Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.