Strategi Pemasaran Rental Mobil dengan Website dan Media Sosial

June 20, 2022

Strategi Marketing Rental Mobil dengan Website dan Media Sosial

Saat ini media sosial dan website sendiri telah mendominasi berbagai informasi. Karena itulah, banyak pebisnis yang memanfaatkan keduanya sebagai sarana promosi usahanya. Salah satunya adalah untuk menerapkan Strategi Pemasaran Rental Mobil.

Media sosial atau jejaring sosial sendiri merupakan digital platform yang akan memfasilitasi para penggunanya untuk saling berinteraksi dan berbagi secara daring. Media sosial di Indonesia yang kerap dimanfaatkan sebagai sarana promosi adalah : Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, dan WhatsApp.

Website sendiri adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung satu sama lain dan menyediakan berbagai informasi atau layanan tertentu, bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun menggunakan perangkat digital yang terkoneksi dengan internet.

Hampir setiap perusahaan (baik skala besar, menengah, dan kecil) memiliki website ini. Tujuannya, agar usahanya lebih mudah ditemukan di search engine, sebagai sarana penyebaran informasi secara online dan real time pada para pelanggan, dan untuk mempromosikan usaha di internet.

Agar usaha Anda dalam menjadikan website dan sosial media sebagai media pemasaran berhasil, Anda harus memperhatikan Strategi Pemasaran Rental Mobil dengan website dan sosial media berikut ini :

Membuat Konten Rental Mobil pada Website

Yang pertama adalah membuat konten. Konten adalah isi dari suatu website dan sosial media. Tanpa konten, website/sosmed perusahaan Anda akan kosong. Alhasil, tidak ada informasi apapun yang akan muncul selama pencarian dan tujuan pemasaran Anda juga tidak akan tercapai.

Jadi, Strategi Pemasaran Rental Mobil pertama ini tidak boleh Anda lewatkan. Membuat konten adalah hal yang sangat penting. Karena itulah Anda harus mempelajari cara-cara membuat konten yang baik dan benar.

Untuk website sendiri, kontennya berupa tulisan atau artikel. Buatlah post artikel yang relevan mengenai usaha Anda. Pastikan artikel tersebut informatif dan SEO Friendly. Tujuannya, agar artikel tersebut bisa lebih cepat terindeks Google dan bisa menempati halaman pertama mesin pencari (utamanya Google).

Untuk sosial media seperti Instagram yang lebih mengedepankan visual. Anda bisa membuat konten berupa desain visual yang eye catching dan mengandung informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Untuk Youtube, Anda bisa membuat konten video menarik seputar usaha rental Anda. Setelah membuat konten, Anda juga bisa melakukan hal dibawah ini :

Share Facebook pribadi

Share konten tersebut ke Facebook pribadi Anda. Tujuannya tentu saja agar konten Anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu, dengan membagikannya di Facebook, teman-teman Anda di Facebook juga bisa melihat konten Anda yang diposting ke media sosial atau website milik Anda.

Share Grup Rental kota Anda

Langkah Strategi Pemasaran Rental Mobil selanjutnya adalah dengan membagikannya ke group rental kota Anda. Untuk melakukan hal ini, pertama-tama Anda harus mencari informasi lebih dahulu seputar komunitas rental di kota Anda. Kemudian, bergabunglah dengan group tersebut.

Group tersebut biasanya ada di Facebook (Facebook Group), WhatsApp Group, ataupun group di Telegram. Dengan membagikannya dengan group rental di kota Anda. Maka, Anda bisa saling berbagi dan menjangkau lebih banyak orang.

Share Story ke WhatsApp

Selanjutnya, Anda bisa membagikan konten di website, Instagram, atau Youtube Anda ke story WhatsApp. Story WhatsApp sendiri dapat dilihat oleh orang-orang yang menyimpan kontak Anda dan yang kontaknya Anda simpan. Contoh : teman-teman dekat, rekan bisnis, klien, ataupun kenalan Anda lainnya.

Dengan menshare konten Anda di story WhatsApp Anda juga bisa langsung membidik calon konsumen yang lebih potensial. Dibandingkan dengan sosmed seperti Facebook yang lebih general/umum.

Twitter dan Instagram dengan menggunakan hastag

Selanjutnya, Anda juga bisa membagikan atau memposting konten yang telah Anda buat di Twitter dan Instagram. Jangan lupa untuk menggunakan hastag (#) yang sesuai. Tujuannya agar konten Anda muncul di pencarian menggunakan tag dan agar lebih mudah ditemukan.

Contoh tag yang cocok sendiri untuk usaha rental mobil sendiri adalah : #rentalmobil, #jasarentalmobil. Atau Anda juga bisa menambahkan nama daerah/kota Anda di belakang kata mobil seperti #rentalmobiljakarta.

Story Instagram

Instagram sendiri adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Di Indonesia sendiri, per awal tahun 2022 ada sekitar 99,15 juta pengguna Instagram. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang cukup menjanjikan dalam melakukan strategi promosi.

Menggunakan google analytics

Strategi Pemasaran Rental Mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah suatu layanan gratis dari Google yang mampu menampilkan statistic pengunjung suatu situs web.

Google Analytic ini digunakan oleh para pemilik website untuk menganalisis kinerja website yang dimilikinya berdasarkan data-data statistic yang ditampilkan.

Fungsi Google Analytics, fitur gratis ini berfungsi sebagai :

  • Melihat Data Analisis 1 hari, 7 hari, 30 hari bahkan 1 tahun.
  • Melihat Data Orang klik Whatsapp atau Halaman Kontak Rental Mobil.
  • Membandingkan jumlah traffic 30 hari sekarang dengan 30 yang lalu.
  • Melihat Traffic dari kota mana.
  • Melihat data Orang menggnakan Desktop atau Handphone.

Anda bisa menggunakan Google Analytic ini untuk mengukur kinerja website rental mobil yang Anda miliki. Melalui Google Analytics ini Anda juga bisa semakin memahami jenis konten yang paling disukai oleh pengunjung website Anda.

Anda juga bisa mempelajari perilaku pengunjung, jenis kelamin, rentang usia, dan semua hal yang berhubungan dengan interaksi antara pengunjung dan website. Selain untuk website, Anda juga bisa menggunakan Google Analytics ini untuk media sosial yang Anda kelola.

Anda bahkan juga bisa menghubungkan Google Analytics dengan Google Ads. Terlebih, jika Anda menggunakan layanan Google Ads untuk beriklan di Google.

Google Analytics sendiri mampu memberikan pelacakan sasaran yang lebih fleksibel. Selanjutnya, sasaran tersebut akan diimpor ke Google Ads sebagai konversi. Hal ini tentu saja akan membantu Anda dalam beriklan dengan Google agar analisis nya lebih mendalam, membuat targeting yang dapat digunakan sebagai profil untuk audiens tertentu, dan membuat target iklan lebih tepat sasaran.

Testimoni atau foto orang dengan mobil yang di rental

Strategi Marketing Rental Mobil dengan cara Testimoni atau foto orang dengan mobil yang di rental

Tips Strategi Pemasaran Rental Mobil dengan website dan sosial media adalah dengan memasang testimoni. Agar testimoni tersebut lebih terpercaya dan lebih menarik, maka Anda juga bisa menambahkannya dengan foto.

Beberapa konsumen biasanya juga akan mengecek testimoni pengguna sebelumnya sebelum memilih suatu jasa rental. Tujuannya tentu saja untuk memantapkan pilihannya pada suatu jasa rental.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan testimoni ini sebagai salah satu strategi. Selain itu, konsumen biasanya juga akan mencari reviewĀ  tentang suatu tempat rental di Google. Jadi, pastikan kalau tempat Anda memiliki rating dan review yang bagus. Terlalu banyak review buruk akan mempengaruhi first impression calon konsumen Anda.

Nah, untuk mendapatkan rating dan review yang baik. Maka, Anda harus memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen Anda puas dan tidak merasa kecewa.

Ditulis oleh Adi

Suka hal baru dunia Digital Marketing, Web design dan Teknologi.
garis panjang

Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.