3 Tips Bisnis Laundry Rumahan Sukses

April 8, 2021

Tips Laundry rumahan sukses

3 Tips Bisnis Laundry Rumahan Sukses Bagi beberapa orang, aktivitas mencuci pakaian kotor adalah kegiatan yang tidak menyenangkan. Aktivitas rutin ini memang menyita cukup banyak waktu, yang pastinya akan sangat menyulitkan bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk membuka bisnis laundry rumahan yang bisa Anda jalankan di rumah sendiri.

Bisnis laundry rumahan memang salah satu bisnis yang menjanjikan pada saat ini. Permintaan yang tinggi akan jasa laundry menjadikan bisnis ini akan bisa terus berkembang. Terutama bila Anda tinggal dikawasan para pekerja kantoran atau anak kuliahan dimana tentu saja mereka tidak akan memiliki cukup banyak waktu untuk mencuci baju sendiri.

Untuk memulia bisnis laundry rumahan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar di awal. Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar, lalu seiring dengan perkembangan bisnis Anda, barulah Anda mulai berinvestasi untuk semakin membesarkan usaha Anda dalam bidang jasa laundry.

Bisnis Plan Laundry Rumahan

Untuk memulai sebuah bisnis tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis Anda berkembang dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis laundry rumahan.

 1. Pahami market bisnis Anda

Bisnis laundry rumahan adalah bisnis yang mengandalkan jasa, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan. Bagaimana mendapatkan pelanggan yang loyal  adalah kunci keberhasilan dari bisnis laundry rumahan. Anda bisa melakukan banyak hal untuk bisa memikat pelanggan dan bisa terus bersaing dengan kompetitor Anda, antara lain adalah:

  • Hanya menggunakan produk pencuci yang berkualitas baik
  • Hasil cuci yang bersih dan tidak dicampur dengan pelanggan yang lain
  • Melakukan kontrol yang baik untuk memastikan tidak akan ada baju yang hilang atau tertukar
  • Menyediakan diskon untuk pelanggan

2. Menyusun marketing plan yang baik

Sebuah bisnis yang menjanjikan keuntungan yang baik pastinya akan membuat banyaknya kompetitor yang membuka usaha yang serupa. Karenanya Anda harus bisa menyusun rencana pemasaran bisnis Anda dengan baik agar target keuntungan yang Anda harapkan bisa terpenuhi.

Anda bisa memulainya dengan melakukan survey terhadap pangsa pasar yang akan menjadi target Anda. Lokasi adalah salah satu faktor utama bisnis laundry Anda akan bisa lebih cepat dikenal banyak orang. Namun, bila Anda tidak memiliki tempat yang strategis, Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan jasa antar jemput cucian ke rumah pelanggan.

Untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda, Anda bisa juga menggunakan leaflet yang bisa disebar ke rumah-rumah atau kampus terdekat. Atau bisa juga menggunakan jasa market place untuk memperluas promosi secara online.

3. Peralatan Usaha Laundry Kiloan Di Jaman Sekarang

Penggunaan peralatan yang memadai tentu saja akan sangat menunjang kelangsungan bisnis laundry rumahan Anda. Dengan menggunakan peralatan yang sesuai, maka Anda akan bisa memangkas waktu pengerjaan. Hal ini tentu saja secara langsung akan berdampak pada ketepatan waktu penyelesaian laundry pakaian pelanggan Anda.

Kebutuhan akan peralatan penunjang ini akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah, efisien, efektif dan menghemat banyak waktu. Penggunaan peralatan yang tepat bisa juga menghindarkan Anda dari pengaruh eksternal terutama cuaca yang terkadang menjadi kendala banyak pengusaha laundry. Berikut ini adalah peralatan usaha laundry kiloan di jaman sekarang yang akan meringankan pekerjaan Anda.

  • Xiaomi Youpin Mijia Setrika Uap

Salah satu rangkaian pekerjaan yang sangat menyita waktu dalam menjalankan bisnis laundry adalah menyetrika pakaian agar lebih rapih dan tidak kusut. Dengan menggunakan setrika uap boiler, kegiatan menyetrika akan menjadi lebih mudah dan cepat. Terutama bila Anda mengerjakan pakaian berbahan tebal seperti celana jeans.

Setrika uap Xiaomi youpin mijia berbeda dengan setrika listrik biasa yang hanya mengandalkan panas yang dihasilkan dari elemen pemanasnya. Sedangkan pada sterika uap, uap air akan keluar dari tapak setrika sehingga menyebabkan pakaian akan menjadi lebih lembab dan lebih mudah untuk dilicinkan. Uap panas ini akan masuk ke dalam serat kain dan semakin memudahkan Anda dalam kegiatan menyeterika pakaian.

  • Mesin pengering gas

Salah satu kendala eksternal yang sering dikeluhkan para pengusaha laundry adalah tidak adanya matahari untuk mengeringkan pakaian yang sedang dijemur. Hal ini akan semakin memperparah keadaan bila musim penghujan datang. Sedangkan pakaian yang lembab dan kurang kering tidak akan bisa di setrika karena akan menyebabkan pakaian berbau kurang sedap dan akan merusak serat kain.

Karenanya, Anda akan membutuhkan satu peralatan lain yang berupa mesin pengering gas. Dengan mesin pegering gas ini, Anda tidak akan khawatir lagi untuk bisa mengeringkan pakaian pada kondisi apapun, dan kapanpun. Tidak terkendala waktu dan cuaca lagi. Tentu saja hal ini akan membuat jadwal pengerjaan cucian pelanggan Anda tidak akan melewati jadwal yang disepakati.

Perencanaan yang tepat dan ketekunan pastinya akan membuat bisnis laundry yang akan Anda jalankan bisa berkembang dan menghasilkan pemasukan yang menjanjikan. Semoga artikel ini bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk membuka sebuah bisnis laundry rumahan dan memulai kesuksesan Anda mulai saat ini. Salam sukses.

penulis

Ditulis oleh Adi

Suka hal baru dunia Digital Marketing, Web design dan Teknologi.
garis panjang

Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *